Halaman

Kabel dan Jenisnya

Kabel merupakan sebuah media yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal dari satu tempat ke tempat lain.

Dilihat dari jenisnya, kabel bisa dibagi menjadi 3 yaitu :
  1. Kabel Tembaga ( Copper )
  2. Kabel Koaksial ( Coaxial )
  3. Kabel Serat Optik ( Fiber Optic )

Kabel ditemukan pada awal tahun 1400-an, dimana pada saat itu kabel digunakan untuk menghubungkan antar perangkat. Yang pertama kali digunakan adalah kabel tembaga yang digunakan sebagai media transmisi untuk telepon, kemudian kabel koaksial dan yang terakhir adalah kabel Fiber Optik yang menggunakan sinyal cahaya untuk pentransmisiannya.

Kabel Tembaga
Kabel Tembaga terdiri dari 2 jenis yaitu Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ) dan STP ( Shielded Twisted Pair ), perbedaan antara kabel UTP dan STP adalah di pelindungnya pada bagian inti konduktornya. Kabel UTP biasanya digunakan untuk Sambungan Telepon, Ethernet dan ISDN dan untuk terminasinya menggunakan konektor jenis RJ=45 atau RJ-11. Sedangkan kabel STP terdiri dari sepasang kabel yang dilindungi oleh timah dan masing-masing kabel tersebut dibungkus oleh pelindung kabel.

Kabel Koaksial
Kabel Koaksial terdiri dari dua buah konduktor, yaitu yang terletak ditengah dan yang melingkar diluar. Konduktor yang ditengah terbuat dari tembaga keras yang dilapisi oleh isolator dan yang melingkar diluar isolator pertama dan dilindungi oleh isolator kedua/luar. Kabel Koaksial terdiri dari 3 bagian utama yaitu pelindung luar, pelindung anyaman tembaga dan pelindung/isolator plastik.

Kabel Serat Optik
Kabel serat optik adalah sebuah kabel yang terbuat dari serat kaca (SiO2 ) yang berfungsi untuk mentransmisikan sinyal cahaya, kabel serat optik ini mempunyai ukuran dan diameter yang sangat kecil sekali kurang lebih seukuran rambut manusia. Kabel serat optik saat ini banyak digunakan dalam sistem telekomunikasi modern. Digunakan untuk jalur komunikasi antar kota (backbone) dan jalur komunikasi Akses (FTTH, FTTB, dll).